Tips

Hilangkan Rasa Malas Ala Orang Jepang, Begini Caranya

×

Hilangkan Rasa Malas Ala Orang Jepang, Begini Caranya

Share this article

RASA malas seringkali menyerang dan membuat hidup tidak produktif, dan karena itu hal ini perlu diatasi sesegera mungkin agar tidak menimbulkan hal buruk pada diri.

Dalam usaha menghilangkan rasa malas kita bisa meniru budaya orang Jepang. Pasalnya orang Jepang memiliki budaya yang cenderung mendorong disiplin, tanggung jawab, dan kerja keras.

Berikut ini beberapa cara yang sering digunakan oleh orang Jepang untuk mengatasi rasa malas atau meningkatkan produktivitas;

1. Konsep Kaizen

Kaizen adalah filosofi Jepang yang berfokus pada perbaikan berkelanjutan. Dengan menerapkan prinsip ini, orang Jepang cenderung melakukan perubahan kecil namun terus-menerus untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas.

2. Pikiran Holistik

Orang Jepang cenderung memandang hidup secara holistik, termasuk pekerjaan, , dan hubungan. Mereka percaya bahwa seimbang dalam semua aspek dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas.

3. Tanggung Jawab Pribadi

Mempertimbangkan tanggung jawab pribadi dan komitmen terhadap pekerjaan atau tugas. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap tugas yang diberikan dan kehormatan dalam menyelesaikan pekerjaan dapat menghilangkan rasa malas dalam diri.

4. Ritual Pagi (Asa Hiru Yoru)

Banyak orang Jepang memiliki ritual pagi untuk menghilangkan rasa malas. Aktivitas ini melibatkan kegiatan seperti ringan, membaca, atau meditasi untuk mempersiapkan diri sebelum memulai hari.

5. Tujuan Jangka Pendek

Menetapkan tujuan-tujuan kecil yang dapat dicapai dengan cepat, karena memiliki pencapaian kecil secara berkala dapat meningkatkan motivasi dan mengurangi rasa malas.

6. Bekerja Secara Bersama-sama