Olahraga

Piala Asia & Piala Afrika Hadirkan Kepincangan di Liga Inggris

×

Piala Asia & Piala Afrika Hadirkan Kepincangan di Liga Inggris

Share this article

DUA turnamen sepakbola kontinental yaitu Piala di Qatar dan Piala di Pantai Gading, selain diyakini akan menjadi kado terindah para pemain di benua itu unjuk gigi, pun diyakini akan membuat pincang.
Kenapa demikian, karena di kompetisi terelit dan terketat di dunia itu, sangat banyak yang mereka datangkan dari Benua Kuning Asia dan Benua Hitam Afrika.

yang akan mentas mulai 12 Januari 2024 dan yang kick off dilakukan sehari berselang, jelas menjadi pukulan saat tim-tim hebat di Liga Inggris tengah saling sikut.

Diantara peserta Liga Inggris, mungkin hanya Manchester City, sang juara bertahan yang akan tersenyum. Sebab, tak satu pun bintang mereka yang terlibat dalam turnamen bersangkutan.

Bukan apa-apa, menjelang kedua kejuaraan ini, para pesaing City dalam perburuan gelar juara Inggris digembosi kekuatannya. Pemuncak klasemen akan kehilangan pemain timnas Mesir, Mohamed Salah, dan kuda hitam Tottenham Hotspur harus bermain tanpa kapten mereka asal Korea Selatan, Son Heung-min.

Saat ini, hanya enam poin yang memisahkan tim di lima besar, dari Liverpool sampai Tottenham. Dengan kenyataan ini, ditambah deretan cedera pemain, para pelatih akan sibuk menyusun rencana darurat. Beberapa mungkin akan merasa perlu bergeliat di bursa transfer untuk menggantikan pemain utama mereka.

Namun sang juara bertahan, City, tidak akan terpengaruh. Guardiola tidak memiliki satu pun pemain yang akan berangkat ke Pantai Gading atau Qatar untuk turnamen kontinental yang berlangsung selama hampir satu bulan. Sementara pemain cedera City juga perlahan akan kembali, terdekat adalah playmaker Kevin de Bruyne.

Pemuncak klasemen Liverpool, yang unggul atas Aston Villa dengan tiga poin, akan mengucapkan selamat tinggal pada Salah. Dengan 14 golnya, Salah adalah pencetak gol terbanyak bersama di Liga Primer musim ini. Untung bagi Liverpool, Haaland masih cedera meski diperkirakan tak lama lagi akan kembali. The Reds juga akan kehilangan gelandang agresif Wataru Endo yang akan bergabung dengan timnas Jepang.

“Sedikit disayangkan setelah dia bisa beradaptasi dan percaya diri, sekarang dia pergi ke Piala Asia,” kata pelatih Liverpool Jurgen Klopp soal Endo.

Kuda yang mengejutkan, Villa, hanya akan kehilangan pemain andalannya Bertrand Traore ke Burkina Faso. Namun Arsenal yang berada di peringkat empat akan lebih terpukul, karena Mohamed Elneny (Mesir), Thomas Partey (), dan Takehiro Tomiyasu (Jepang) akan pergi untuk jangka waktu yang belum ditentukan, tergantung dari perkembangan tim nasionalnya di kedua turnamen tersebut.