Militer

Bom Murah Showaz 7 Penghancur Tank Merkava Termahal di Dunia

×

Bom Murah Showaz 7 Penghancur Tank Merkava Termahal di Dunia

Share this article

TANKMERKAVA buatan diklaim menjadi tank tercanggih dan termahal di dunia. Satu unit terbaru buatan Israel ini diperkirakan seharga 5 juta US Dollar atau sekitar Rp72,22 miliar.

Banyak negara-negara di dunia pun membeli tank canggih buatan ini untuk melengkap peralatan militernya.

Namun klaim tank tercanggih tersebut runtuh. Hanya dengan bom murah buatan seharga jutaan rupiah, tank tercanggih tersebut hancur lebur.

Bahkan kini Hamas kembali menunjukkan sebuah bom baru yang bisa menghancurkan tank Merkava Israel.

Hanya dengan menempelnya ke body tank, lalu diledakkan dengan waktu atau dari jauh langsung meledak hingga hancur berkeping-keping.

tank Merkava Israel ini ditunjukkan oleh Brigade Al-Qassam, sayap militer gerakan pembebasan Palestina, Hamas, Minggu (31/12).

Seorang pejuang Hamas dari Brigade Al-Qassam menyiarkan rekaman yang mendokumentasikan percobaan peledakan bom rakitan (Improvised explosive device/IED), “Showaz”.

dilakukan dengan menyasara target tank dan kendaraan militer (IDF).

Berbagai sumber media melaporkan, dalam rekaman video, seorang pejuang Brigade Al-Qassam menempatkan IED di titik terlemah tank Merkava, antara bagian menara dan bodinya.

Aksi ini menunjukkan bahwa pasukan milisi perlawanan bersifat berani, strategis, dan cerdik,” tulis laporan JT.

IED “Showaz” diproduksi dan dimiliki oleh .

Alat peledak alias bom ini dilaporkan merupakan IED anti-tank dan kendaraan tempur militer yang digunakan dalam konfrontasi musuh karena efek destruktifnya yang besar.

Ringan dan Tembus Lapisan Baja

IED ini dikembangkan melalui beberapa tahap. Faksi media Hamas mengindikasikan kalau model pertama, Showaz 1, berisi 40 kilogram bahan yang sangat mudah meledak.

Mereka mengembangkan beberapa model hingga akhirnya memilih .