Berita

Cara Bijak Menghadapi Orang Sombong!

×

Cara Bijak Menghadapi Orang Sombong!

Share this article

ADA banyak perilaku yang dapat kita temukan dalam keseharian. Dari sekian banyaknya perilaku, “sombong” menjadi salah satu yang sering dianggap menyebalkan.

Bagaimana tidak, orang-orang dengan perilaku sombong digambarkan sebagai sosok yang seakan-akan lebih penting dari orang lain, lebih tahu dari orang lain, dan berbagai kelebihan lain yang menunjukkan ia lebih baik.

Namun terkadang, kita tidak bisa memilih dengan siapa kita akan berurusan. Tidak jarang pula, kita akan bertemu dengan orang-orang seperti ini. Untuk itulah, kita perlu tahu cara .

Dikutip dari laman Psychology Today, psikolog klinis berlisensi Dr. Andrea Polard memberikan beberapa cara menghadapi .

1. Jangan Mencoba Memperbaiki Orang Tersebut

Anda perlu menyadari bahwa hadirnya kesombongan dalam diri seseorang biasanya dikarenakan adanya harga diri yang rendah sehingga haus akan pujian dan kurang berempati. Situasi ini perlu dipahami dengan baik sehingga kita dapat mengambil tindakan yang tepat.

Hadapilah situasi dengan hati yang lapang. Tidak perlu mencoba untuk mengubah orang yang sombong tersebut, sebab pada dasarnya hanya orang sombong tersebut lah yang bisa mengatasi permasalahannya.

2. Terima Perasaan Superioritas Orang Lain

Biasanya, kesombongan digambarkan dengan perasaan superioritas. Ketika sedang berhadapan dengan orang yang merasa dirinya superior, maka ingatlah bahwa kita bukan penyebab munculnya perasaan itu dan kita pun tidak bisa mengubah perasaan itu.

Oleh karenanya, terimalah perasaan superioritas orang lain. Pahamilah bahwa tindakan menerima perasaan superioritas orang lain bukan berarti membuat kita harus rendah diri.