Headline

70 Persen Rumah di Gaza Lenyap Gegara Serangan Israel

×

70 Persen Rumah di Gaza Lenyap Gegara Serangan Israel

Share this article

BuliranNews, – Benar-benar biadab, pengeboman yang tanpa henti yang dilakukan terhadap Gaza selama hampir tiga bulan telah menghancurkan 70 persen rumah di daerah kantong Palestina yang terkepung, menurut Kantor Media Pemerintah.

Dikutip dari Aljazeera, Minggu (31/12), tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan, namun laporan sebelumnya mengatakan lebih dari 200 situs warisan dan arkeologi hancur dalam pengeboman Israel yang dianggap paling merusak dalam sejarah modern.

Sekitar 300 ribu dari 439 ribu rumah kini telah hancur akibat , menurut laporan Wall Street Journal. Menganalisis citra satelit, laporan tersebut menambahkan bahwa 29 ribu bom juga telah dijatuhkan di wilayah tersebut dan menargetkan daerah pemukiman, gereja-gereja Bizantium, rumah sakit dan pusat perbelanjaan. Sehingga semua infrastruktur sipil telah rusak hingga tidak dapat diperbaiki.

“Kata ‘Gaza' akan tercatat dalam sejarah bersama dengan Dresden (Jerman) dan kota-kota terkenal lainnya yang telah dibom,” Robert Pape, ilmuwan politik di Universitas Chicago yang telah menulis tentang sejarah pemboman udara, mengatakan kepada WSJ.

Dalam waktu hampir dua bulan, serangan tersebut telah menimbulkan lebih banyak kerusakan dibandingkan penghancuran Aleppo di Suriah antara 2012 dan 2016, Mariupol di Ukraina, atau, secara proporsional, pengeboman Sekutu terhadap Jerman pada II.