Headline

Tujuh Satwa Asli Indonesia Terancam Punah

×

Tujuh Satwa Asli Indonesia Terancam Punah

Share this article

KITA tentunya memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang sama untuk turut melestarikan satwa asli nusantara. Akibat eksploitasi lahan, perburuan, serta hilangnya habitat asli fauna, banyak spesies endemik Indonesia yang kini dinyatakan terancam punah.

Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) telah menerbitkan Red List atau daftar merah satwa terancam di seluruh dunia. Berikut ini sejumlah satwa Indonesia yang terancam punah (endangered) atau sangat terancam punah (critically endangered) menurut daftar tersebut.

1. Orang Utan

Baik orangutan dari Sumatra, Kalimantan, maupun Tapanuli, semuanya dimasukkan IUCN dalam kategori sangat terancam punah. Alasan utama mengapa sebagian besar populasi orangutan mengalami penurunan tajam adalah karena habitat yang hilang, kebakaran hutan berulang, serta perburuan satwa.

2. Komodo

Komodo dragon atau Varanus komodoensis masuk dalam daftar spesies terancam punah IUCN. Meskipun populasinya secara keseluruhan tercatat cukup stabil, jumlah spesies ini mungkin mengalami penurunan di seluruh wilayah Flores (di mana komodo bertahan hidup) akibat hilangnya habitat dan upaya penyelundupan.

3. Badak Jawa

Badak Jawa dan badak Sumatra dikategorikan IUCN sebagai spesies yang sangat terancam punah. Saat ini, diperkirakan terdapat 68 badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon, namun hanya 33 persen yang diperkirakan merupakan individu reproduktif. Sementara, populasi badak Sumatra juga terus menurun.

4. Lutung pita Sumatra Timur