Berita

Deretan Negara dengan Pajak Tertinggi di Dunia

×

Deretan Negara dengan Pajak Tertinggi di Dunia

Share this article
Taxes accounting isometric composition with 3d text surrounded by stationery objects money banknotes and paper work vector illustration

NEGARA manapun di dunia ini, tentunya akan berupaya mendapatkan pajak dari warganya untuk pembangunan dan juga stabilitas ekonomi di negara bersangkutan. Tak bisa dipungkiri, pemerintah di tiap negara mengandalkan pajak, yang merupakan salah satu sarana utama menghasilkan modal bagi suatu negara.

Negara mengenakan pajak pendapatan atas pendapatan yang dihasilkan oleh individu atau bisnis dalam wilayah kekuasaannya. Pajak penghasilan membantu mendanai layanan publik, menyediakan barang bagi warga negara, dan membayar kewajiban pemerintah.

Pajak penghasilan bervariasi dari satu negara ke negara lain, di mana pajak penghasilan ditanyakan oleh pemerintah federal dan pemerintah negara bagian. Pajak penghasilan ada dua jenis yaitu pajak penghasilan pribadi dan pajak penghasilan badan.

Pajak penghasilan pribadi berlaku untuk gaji, upah, dan jenis penghasilan lainnya. Sedangkan pajak perusahaan dikenakan pada korporasi, dunia usaha, kemitraan, dan wiraswasta.

Berdasarkan data Trading Economics, berikut ini adalah 5 negara dengan tarif pajak penghasilan tertinggi di dunia:

5. Swedia

  • Tarif Pajak Penghasilan Orang Pribadi (2023): 52,30 persen
  • PDB Per Kapita: US$66.210 atau Rp1,01 miliar

Swedia adalah salah satu di dunia. Negara ini memiliki PDB per kapita sebesar US$66.210 atau sekitar Rp1,01 miliar, dan tarif pajak penghasilan individu sebesar 52,30 persen. Swedia berada di peringkat kelima di antara negara-negara dengan tarif pajak penghasilan tertinggi di dunia.