Otomotif

Denza D9, MPV Mewah Andalan BYD

×

Denza D9, MPV Mewah Andalan BYD

Share this article

KENDARAAN jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) premium adalah segmen yang ramai peminat. Banyak pabrikan yang menawarkan produknya di kelas ini, termasuk BYD, dengan sub-brand Denza, yang punya D9.

Denza adalah anak perusahaan BYD Auto, yang bekerja sama dengan Daimler AG. Berdasarkan data, Daimler AG memiliki 10 persen kepemilikan saham di Denza, dan 90 persen atau saham mayoritas dipegang BYD.

Denza diposisikan berada pada kelas kendaraan listrik premium yang ditawarkan di China, dan juga pasar global. Salah satu model yang dipasarkan adalah , MPV premium bertenaga listrik.

Denza D9 dibangun berbasis BYD e-platform 3.0 buat model BEV (battery electric vehicle), dan struktur DM-i buat model PHEV (plug-in hybrid vehicle).

Pada model hybrid, Denza D9 punya daya jelajah sejauh 945 sampai 1.040 km, dengan tenaga listrik penuh mencapai 190 km. Konsumsi bahan bakar diklaim sebesar 6,2 liter per 100 km. Tenaga mesin dihasilkan dari mesin bensin 1.5 L turbocharged, dipadukan dengan DM-i EHS170.

Secara desain tampilan, Denza D9 ini memang bisa dibilang mirip dengan Toyota Alphard atau Vellfire. Hanya saja, dimensi D9 masih sedikit lebih kecil, dengan panjang 5.250 mm, lebar 1.960 mm dan tinggi 1.920 mm, serta jarak sumbu roda 3.110 mm.

Gril depan dengan pola unik warna silver, sistem lampu depan sudah full LED. MPV ini menggunakan power sliding door buat akses di kabin penumpang. Pada bagian buritan juga sudah memakai permainan lampu LED.