Berita

Mau Kenal 9 Naga? Ini Profilnya

×

Mau Kenal 9 Naga? Ini Profilnya

Share this article

SETIAP kali berbicara tentang bisnis di negeri, nama sembilan nama selalu disebut. Ya, sepertinya kata sudah tak asing lagi di telinga warga Indonesia. Mereka ini disebut sebagai penguasa ekonomi di Indonesia dengan berbagai gurita bisnisnya.

Namun tak banyak yang tahu identitas 9 Naga. Lantas siapakah sosok 9 naga tersebut? Untuk diketahui, 9 naga tersebut merupakan sembilan pengusaha kaya dan sukses pemilik dari konglomerasi bisnis terbesar di Indonesia.

Istilah ini disematkan kepada para pengusaha yang konon memiliki pengaruh besar dalam perekonomian di Tanah Air.

Berikut sosok 9 naga lengkap dengan bisnis dan kekayaannya :

1. Robert Budi Hartono

Nama Robert Budi Hartono sudah tak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Ia merupakan nomor 1 di Indonesia bersama dengan saudaranya yakni Michael Bambang Hartono versi 2023.

Robert Budi Hartono adalah pemilik dari grup Djarum, sebuah konglomerasi bisnis terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang produksi rokok kretek.

Budi Hartono juga menjadi pemegang saham pengendali BCA. Berdasarkan data Real Time Forbes, kekayaan Budi Hartono tercatat mencapai USD23,8 miliar atau setara dengan Rp360 triliun.

2. Rusdi Kirana

Konglomerat di bidang penerbangan, Rusdi Kirana juga kerap menjadi salah satu pengusaha yang dijuluki 9 Naga. Ia merupakan pendiri Lion Air Group, sebuah perusahaan layanan transportasi.

Grup bisnis ini menaungi beberapa entitas usaha di bidang penerbangan antara lain Lion Air, Wings Air, Malindo Air, Batik Air, dan Thai Lion Air.

Berdasarkan data Forbes 2019, kekayaan Rusdi Kirana mencapai USD835 juta atau setara dengan Rp12,6 triliun.

3. Sofjan Wanandi

Sofjan Wanandi merupakan pendiri dari Santini Group. Perusahaan ini berdiri pada 1994. Sebelum menjadi Santini Group, perusahaan Sofjan Wanandi ini bernama Gemala Group yang merupakan gabungan dari bisnis keluarga.

Perusahaan ini kemudian merambah ke sektor farmasi dan kimia. Barulah pada 1988, perusahaan ini kembali melebarkan sayap bisnisnya ke bidang properti.

Santini Group juga berhasil membeli saham klub Inggris yakni Tranmere Rovers. Berdasarkan data Forbes 2020, kekayaan Sofjan Wanandi tercatat sebesar USD580 juta atau sekitar Rp8,78 triliun.

4. Edwin Soeryadjaya

Edwin Soeryadjaya merupakan penerus dari PT Astra International yang didirikan sang ayah, William Soeryadjaya. Pada 1990, Edwin Soeryadjaya sempat mendirikan Bank Summa.

Iajuga diketahui sempat menjabat sebagai Direktur Ortus Group, perusahaan yang bergerak di bidang medikal, finansial, dan telematika.