Gaya Hidup

Cerahkan Bibir Hitam Secara Alami, Begini Caranya

×

Cerahkan Bibir Hitam Secara Alami, Begini Caranya

Share this article

SEJUMLAH orang mengeluhkan atau berwarna gelap karena dianggap mengganggu penampilan. Padahal, laiknya warna kulit tubuh lainnya, warna bibir setiap orang secara alami bisa berbeda-beda. Kondisi bibir hitam tersebut bisa dipengaruhi banyak hal, mulai dari sampai masalah .

Melansir Medical Today, penyebab bibir hitam di antaranya paparan sinar matahari, merokok, dehidrasi, kehamilan, sampai terlalu banyak kafein.

Selain itu, bibir hitam dan kusam juga bisa disebabkan masalah kesehatan seperti penyakit addison, kemoterapi, anemia, kekurangan vitamin, sampai efek samping produk tertentu. Kabar baiknya, bibir hitam umumnya tidak berbahaya. Masalah hiperpigmentasi bibir ini juga bisa diatasi dengan berbagai cara alami.

Berikut beberapa cara mencerahkan bibir hitam secara alami:

1. Oleskan lemon

Melansir Healthline, studi membuktikan efektivitas lemon sebagai zat penghambat melanin, biang warna gelap pada kulit. Cara mencerahkan bibir hitam dengan lemon cukup praktis. Sebelum tidur, oleskan bagian lemon yang berair ke bibir.

Setelah bangun tidur, baru bilas bibir dengan air dingin. Demi hasil maksimal, ulangi rutinitas ini setiap malam, setidaknya selama 30 hari.

2. Oleskan campuran dan madu

Apabila tak ada lemon, jeruk nipis dan madu juga bisa jadi obat alami mencerahkan bibir. Jeruk nipis juga memiliki formula yang bisa menghambat produksi melanin.

Cara mencerahkan bibir hitam dengan jeruk nipis dan madu juga tak sulit. Siapkan campuran satu setengah sendok teh air perasan jeruk nipis dan satu sendok teh madu.

Oleskan campuran tersebut ke bibir sebelum tidur. Biarkan semalaman. Baru bilas keesokan harinya.

3. Oleskan campuran kunyit dan susu

Menurut penelitian apda 2010 lalu, kunyit juga bisa mencegah bibir hitam dan berwarna gelap. Cara mencerahkan bibir hitam dengan kunyit cukup praktis. Siapkan satu sendok makan susu, tambahkan bubuk kunyit secukupnya sampai campuran membentuk pasta.