Tips

Cara Ampuh Usir Laron dari Rumah

×

Cara Ampuh Usir Laron dari Rumah

Share this article

KEHADIRAN laron terkadang sangat mengganggu penghuni rumah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengusir laron dari rumah.

Gerombolan laron biasanya tertarik dengan sumber cahaya. Salah satu cara untuk mengusirnya adalah dengan mematikan lampu.

Namun, ada beberapa cara untuk mengusir lampu tanpa mematikan lampu dan bikin rumah kamu gelap gulita. Lalu, apa saja cara mengusir laron tanpa mematikan lampu? Simak penjelasan berikut.

Laron atau anai-anai adalah rayap betina atau jantan yang sudah dewasa. Ketika mendekati musim hujan akan muncul segerombolan laron yang akan beterbangan dan mengerubungi sumber cahaya di rumah.

Dilansir dari Enesis, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir laron tanpa harus mematikan lampu.

1. Menggunakan Raket Listrik

Cara mengusir laron tanpa mematikan lampu yang pertama yaitu menggunakan raket listrik. Ternyata biasa digunakan untuk mengusir nyamuk. Namun, alat ini juga bisa dipakai sebagai cara mengusir laron di rumah.

Caranya, goyangkan raket listrik hingga mengenai laron yang berterbangan. Nah, saat terkena listriknya, laron akan mati berjatuhan atau menempel di bagian kepala raket.

2. Gunakan Air Dalam Wadah

Pertama-tama, kamu perlu siapkan ember atau wadah lainnya. Kemudian, isi wadah tersebut menggunakan air.

Setelah itu, letakkan wadah berisi air di bawah lampu yang banyak dikerumuni oleh laron. Tunggu beberapa saat, laron akan masuk berterbangan ke dalam wadah air.

Hal ini dikarenakan, air dalam wadah memantulkan cahaya dari lampu, sehingga menarik laron untuk mendekat. Nah, di saat inilah laron akan terjebak dan jatuh ke dalam air.

3. Buat Semprotan Sabun Cair

Sabun cair bisa jadi bahan ampuh mengusir laron yang ada di rumah. Adapun caranya yaitu menjadikan sabun cair sebagai bahan membuat semprotan.

Cara membuatnya mudah! Kamu hanya perlu menyediakan air, sabun cair, dan botol semprotan.

Kemudian, campurkan sabun cair dengan air hingga berbusa. Jika sudah, kamu bisa memasukkannya ke dalam botol semprotan.

Kemudian, gunakan semprotan tersebut untuk menyemprot laron dari jarak dekat. Dengan begitu, laron akan berjatuhan ke lantai.