Arsitektur

Mengenal Kota-Kota Tertua di Dunia, Sebagian Hancur Karena Perang

×

Mengenal Kota-Kota Tertua di Dunia, Sebagian Hancur Karena Perang

Share this article

KOTA merupakan pusat populasi yang relatif permanen dan sangat terorganisir, memiliki ukuran atau kepentingan yang lebih besar dibandingkan kampung atau desa.

Dalam beberapa kasus, konsep kota mengacu pada tipe komunitas tertentu, komunitas perkotaan, dan budayanya, yang dikenal sebagai “urbanisme.” Kota telah ada sejak peradaban kuno ribuan tahun yang lalu.

Sebagian telah hancur dan musnah, namun sebagian lain bertahan sampai dengan saat ini. Meski sulit untuk menentukan usia pasti dari sebuah , para ilmuwan dan peneliti telah menentukan berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan.

Namun, hilangnya sebagian besar bukti arkeologis akibat waktu, kehancuran dan ketidaktepatan penanggalan artefak kuno, membuat penelusuran asal-usul sebuah kota menjadi sulit. Bahkan ada pula kota- yang hancur akibat .

Ada banyak kota kuno di dunia yang memiliki usia ribuan tahun, dan berikut ini adalah 10 di antaranya:

1. Gaziantep, Turki

Dikutip dari laman A-Z Animals, Gaziantep adalah kota tua bersejarah di wilayah tenggara Turki. Zaman keemasan kota ini diyakini dimulai pada tahun 3650 SM. Namun, beberapa ilmuwan meyakini kota ini mungkin jauh lebih tua.

Kota kuno Gaziantep penuh dengan arsitektur Ottoman. Gaziantep merupakan pusat industrialisasi yang penting di Turki. Bangsa Romawi, Abbasiyah, Persia, dan Asiria dulunya mendominasi wilayah tersebut.

2. Varanasi,

Varanasi adalah pusat mitologi Hindu yang menonjol. Ini adalah salah satu kota tertua di dunia yang masih aktif dan telah menjadi tempat ziarah bagi umat Hindu. Menurut mitologi, Siwa mendirikan kota tersebut bersama Wisnu dan Brahma pada abad ke-11.

Varanasi tetap menjadi pusat aktif untuk kegiatan pendidikan, seni, dan pendidikan. Kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata tetap menjadi komponen penting yang menarik wisatawan domestik dan juga asing.

3. Plovdiv, Bulgaria

Plovdiv adalah kota kuno di Bulgaria yang berusia 8.000 tahun. Kota ini terletak di tujuh bukit, oleh karena itu dinamakan “The City of the Seven Hills (Kota Tujuh Bukit)”.

Banyak peradaban, termasuk Visconti, Romawi, dan Thracia, mendiami kota Plovdiv. Hasilnya, bangunan-bangunan umum, saluran air Romawi, dan benteng-benteng tetap terpelihara dengan baik.

4. Sidon, Lebanon

Sidon merupakan salah satu kota tertua di dunia yang terletak di selatan Beirut. Kota ini dihuni sejak tahun 4000 SM, diperkirakan pada zaman Neolitikum.

Kota kuno ini dirancang dengan cerdik untuk melindungi masyarakatnya dari badai hebat. Saat ini, berbagai toko kecil, termasuk toko kue, mendominasi Sidon. Selain itu, ada kastil laut yang berupa benteng modern dengan dua menara.

5. Aleppo, Suriah

Dilansir dari laman U.S. , meskipun usia pasti Aleppo tidak diketahui, sebuah kuil kuno yang ditemukan di kota tersebut berasal dari sekitar 3.000 SM. Perkiraan lain menyebautkan Aleppo setidaknya ada pada tahun 5.000 SM.