Headline

Israel Jadikan RS Indonesia Sebagai Markas Militer

×

Israel Jadikan RS Indonesia Sebagai Markas Militer

Share this article

ORGANISASI relawan kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committe (MER-C) Indonesia akan segera berkirim surat ke Badan Dunia (World Health Organization/WHO) terkait Rumah Sakit Indonesia yang dijadikan markas pasukan .

Saat ini, para dokter dan pasien di di sudah tidak ada, gugur dalam .

“Dalam beberapa hari ini, MER-C akan berkirim surat ke WHO agar badan kesehatan dunia itu mengirimkan tim investigasi ke sana,” kata Presidium MER-C Indonesia Sarbini Abdul Murad, Kamis (22/12).

Selain meminta WHO menyelidiki Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina, yang dijadikan markas militer, Sarbini juga mendesak agar WHO menginstruksikan segera meninggalkan rumah sakit tersebut. Ia menyebut WHO mempunyai kewenangan itu.

Pada 6 November 2023 juru bicara The Israel Defence Forces (IDF) Daniel Hagari menuding terdapat terowongan di Rumah Sakit Indonesia yang menjadi markas . Namun, Sarbini mengungkapkan hal tersebut telah terbantahkan karena tidak ada bukti.

Setelah , Israel mengultimatum agar Rumah Sakit Indonesia di Gaza dikosongkan. Tak hanya memaksa pengosongan, tentara Israel justru menguasai rumah sakit itu sebagai markas militer.