Transportasi

Mengenal Jet Pribadi Terbesar di Dunia

×

Mengenal Jet Pribadi Terbesar di Dunia

Share this article

MEMILIKI terbesar di dunia tentu menjadi idaman. Bepergian dengan jet pribadi bukan hanya sekadar sarana transportasi mewah, tetapi juga menjadi lambang kekayaan dan status. Mereka yang mampu merasakannya, dapat menjelajahi dunia dengan cara yang nyaman dan mewah.

Meskipun kebanyakan jet pribadi umumnya berukuran lebih kecil, ada beberapa orang yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk memiliki pesawat berbadan lebar.

Dalam kategori ukuran pesawat pribadi, sulit untuk menandingi kebesaran Airbus A380. Meskipun pesawat ini umumnya dijual untuk kepentingan korporatif, hanya satu pesanan yang pernah dilakukan untuk varian pribadi dari jenis ini. Pemesan eksklusif tersebut adalah Pangeran Al Waleed bin Talal, seorang tokoh terkemuka yang dikenal dengan kekayaannya.

Pesanan megah ini diumumkan pada acara Dubai Air Show tahun 2007. Seiring dengan dimensinya yang luar biasa, pesawat ini direncanakan dilengkapi dengan fasilitas mewah, seperti hammam Turki, garasi untuk koleksi Rolls-Royce pribadi sang pangeran, lift tiga lantai, kamar tidur pribadi, dan bahkan ruang konser.

Meski begitu, pesawat ini tidak pernah sampai ke tangan pemesannya. Pangeran Al Waleed bin Talal menjualnya secara rahasia kepada seorang pembeli yang identitasnya dirahasiakan. Menurut , pesawat ini secara resmi dikirimkan kepada pemilik baru pada akhir tahun 2012.

Walaupun memiliki keunggulan dalam ukuran, perawatan jet A380 pribadi ternyata merupakan tantangan besar. Logistiknya sangat mahal, bahkan bagi seorang pangeran dengan kekayaan multi-miliar, dan ukuran pesawat yang besar juga membatasi pilihan destinasi pendaratannya.

Dengan kehadiran pesawat pribadi sekelas A380, kita dapat menyaksikan betapa ketinggian bisa dijangkau dengan gaya yang sesungguhnya. Meski pesawat ini hanya menjadi sejarah unik dalam pribadi, tetapi tetap mencerminkan ambisi untuk meraih kemewahan sejati di angkasa.

Berikut ini daftar pesawat di dunia yang dirangkum dari simplefliying.com.

5. Boeing 767-200 milik rapper Drake

Rapper asal , Drake, memperoleh Boeing 767-200ER miliknya pada awal tahun 2019. Namun, pesawat tersebut bukan sepenuhnya dimiliki oleh Drake; sebaliknya, pesawat itu dimiliki oleh Cargojet yang berbasis di Ontario. Pesawat ini merupakan kesepakatan promosi gratis bagi perusahaan pengiriman udara. Namun, bukan berarti pesawat jet pribadi terbesar di dunia ini tidak dihias dengan gaya.

Interiornya dihiasi sofa beludru yang nyaman, lantai yang sepenuhnya berkarpet, permukaan emas dan kayu, dinding cermin penuh, ruang hiburan, dan tiga suite pribadi yang sepenuhnya tertutup. Diperkenalkan dengan Mid East Jet pada Oktober 1996, registrasi N767CJ lebih dikenal sebagai Air Drake.

Pada musim panas 2022, Drake mendapat kritik setelah jetnya melakukan beberapa perjalanan antara Hamilton dan Toronto, hanya berlangsung 15 menit. Dengan banyak orang yang percaya bahwa rapper itu sendiri ada di dalamnya, Drake kemudian menjelaskan bahwa pesawat hanya sedang dipindahkan dan tidak ada penumpang di dalamnya – meskipun demikian, dikatakan bahwa penerbangan singkat tersebut mengeluarkan sekitar 15 ton karbon dioksida.

4. Boeing 787-8 milik Roman Abramovich

dan mantan pemilik Chelsea, Roman Abramovich, dulu menggunakan pesawat Boeing 767-33AER yang dijuluki ‘Bandit' karena fitur livery berpita hitam condong di sekitar jendela kokpit. Salah satu pesawat jet pribadi terbesar di dunia yang awalnya ditujukan untuk Hawaiian Airlines, yang akhirnya membatalkan pesanan tersebut pada tahun 2004.

Pesawat ini dilaporkan telah dilengkapi dengan aula pesta yang dapat menampung 30 orang, dapur layanan lengkap yang mampu menyajikan hidangan mewah, dan kamar mandi berlapis emas. Selain itu, pesawat ini dilengkapi dengan sistem anti-balistik yang sama seperti pesawat kepresidenan Amerika Serikat, Air Force One.

Namun, pada akhir tahun 2021, Abramovich menukarkan pesawat tersebut dengan Boeing 787-8. Pesawat ini telah diubah konfigurasi untuk mengangkut 50 tamu istimewa. Twinjet senilai US$350 juta yang berusia delapan tahun itu tiba di Moskow pada 19 Desember 2021, dengan registrasi P4-BDL, untuk mulai melayani tersebut.