Internasional

Perlu Tahu, Inilah Tokoh Pendiri Negara Israel

×

Perlu Tahu, Inilah Tokoh Pendiri Negara Israel

Share this article

NEGARA didirikan tahun 1948 di atas tanah Palestina. Sejak berdiri, negara ini nyaris tak pernah merasakan kedamaian karena—seperti yang disampaikan kritikus anti-Zionis—negara itu sejatinya adalah proyek Zionis yang dijalankan dengan kekerasan. Meski secara resmi bernama , para pendirinya bukanlah tokoh kelahiran . Mereka semua adalah para imigran atau pendatang yang lahir di .

Daftar Tokoh Pendiri Negara Israel dari Kelompok I Mereka yang dari kelompok pertama adalah tokoh-tokoh yang lahir di Eropa, khususnya Eropa Timur, Eropa Tengah, dan sebagian Eropa Barat.

Tokoh-tokoh ini bermigrasi ke Palestina pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Mereka adalah pelopor Zionisme, sebuah gerakan politik yang bertujuan untuk mendirikan negara Yahudi di tanah Palestina.

1. Theodor Herzl (1860-1904)

Dia adalah seorang jurnalis dan penulis asal Austria-Hongaria yang dianggap sebagai “bapak Zionisme”. Dia menerbitkan Der Judenstaat (Negara Yahudi) pada tahun 1896, yang memicu kebangkitan Zionisme di seluruh dunia.

2. Chaim Weizmann (1874-1952)

Dia adalah seorang kimiawan asal yang menjadi presiden pertama Israel. Dia memainkan peran penting dalam mendapatkan dukungan internasional untuk pendirian Negara Israel.

3. David Ben-Gurion (1886-1973)

Dia adalah seorang politikus dan pemimpin militer asal Polandia yang menjadi perdana menteri pertama Israel. Dia memimpin apa yang disebut Israel sebagai “perjuangan untuk kemerdekaan” dari Inggris dan Palestina Arab. Meski fakta sejarahnya, Inggris yang merestui berdirinya Negara Israel di atas tanah yang mereka duduki, yakni Palestina.

4. Moshe Sharett (1894-1965)

Dia adalah seorang politikus asal Rusia yang menjadi perdana menteri kedua Israel. Dia memainkan peran penting dalam membangun hubungan diplomatik Israel dengan negara-negara lain.

5. Golda Meir (1898-1978)

Dia adalah seorang politikus kelahiran Kyiv (dulunya Kekasiran dan sekarang Ibu Kota Ukraina). Dia adalah wanita pertama yang menjabat sebagai perdana menteri Israel.

6. Menachem Begin (1913-1992)

Dia adalah seorang politikus asal Belarusia yang menjadi perdana menteri keempat Israel. Dia memimpin negosiasi perdamaian dengan Mesir yang menghasilkan Perjanjian Damai Israel-Mesir pada tahun 1979.