Kuliner

TasteAtlas Tempatkan 5 Salad Indonesia dalam 10 Terbaik di Asia Tenggara

×

TasteAtlas Tempatkan 5 Salad Indonesia dalam 10 Terbaik di Asia Tenggara

Share this article

KULINER yang berasal dari olahan sayur tak bisa dipisahkan dengan hidangan khas terutama Asia Tenggara. Bahkan salad asal Indonesia mendominasi peringkat salad terenak di ASEAN!

Selain protein seperti daging ayam dan telur, orang Asia juga seolah tak bisa lepas dari sayuran. Banyak salad atau olahan sayur-sayuran yang segar dan enak di Asia Tenggara yang populer di dunia.

Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal dengan olahan sayurannya yang beragam. Berbagai salad dengan citarasa tradisional bisa dicicipi dan tidak akan pernah ditemukan di negara lainnya.

selaku kurator kuliner membuat peringkat salad terenak di Asia Tenggara. Tak disangkan menu-menu tradisional asal Indonesia mendominasi daftarnya.

Berikut 10 Salad Terbaik di Asia Tenggara :

1. Som Tam

Hidangan salad sayur asal Thailand ini termasuk salah satu yang populer di dunia. Berbahan dasar pepaya hijau, tomat, dan buncis citarasa pada som tam memiliki sentuhan asam yang segar.

Biasanya som tam dijajakan dengan segar. Penjualnya akan meracik somtam ketika ada pesanan saja.

2. Larb

Salad asal Laos ini menggunakan perpaduan sayur dan daging. Cincangan daging ayam atau sapi dimasak dengan minyak ikan, , merica, dan berbagai bumbu lain.

Daging yang telah dicincang akan disajikan di atas lettuce sebagai mangkuk. Tak lupa ditambahkan cincangan cilantro, daunt mint dan taburan rempah.

3. Yum Woon Sen

Datang dari Thailand, Yum Woon Sen adalah salad yang terbuat dari perpaduan sayur, daging, dan seafood. Udang, babi, hingga bihun digunakan sebagai campuran komponennya.

Untuk bumbunya, salad ini menggunakan irisan cabai yang melimpah. Saat disantap rasanya dominan pedas.

4. Bok l'hong

Dinobatkan sebagai negara konsumen pepaya hijau terbesar di Asia Tenggara, Kamboja punya berbagai hidangan khas dengan bahan tersebut. Salah satunya adalah Bok l'hong yang sekilas mirip dengan som tam.

Bedanya Bok l'hong dilengkapi dengan lalapan seperti kacang panjang, kol, tauge, dan bihun. Pepaya akan disajikan dengan cara ditumbuk kasar mirip dengan rujak bebek.

5. Gado-gado

Memasuki urutan kelima, ada menu yang diandalkan oleh Indonesia. Irisan sayur-sayuran dengan bahan pelengkap yang disiram bumbu kacang ini tak pernah tidak lezat.

Gado-gado yang legit paling enak jika disantap sebagai menu makan siang. Agar lebih kenyang biasanya gado-gado juga bisa dipadukan dengan nasi atau lontong.

6. Ketoprak