Headline

Keberanian ICC Ditunggu!

×

Keberanian ICC Ditunggu!

Share this article

BEBERAPA hari lalu, Kementerian Kesehatan Gaza mengungkapkan, hingga 4 Desember 2023, jumlah warga Gaza yang terbunuh akibat sudah mencapai lebih dari 15.900 orang, termasuk 6.600 anak-anak. Sementara korban luka menembus 41.316 orang. Angka tersebut dihitung sejak dimulainya ke Gaza pada 7 Oktober 2023.

Seluruh lingkungan di Jalur Gaza telah dihancurkan pasukan zionis Israel. untuk (UNRWA) menyatakan hampir 1,9 juta orang atau lebih dari 80 persen populasi telah mengungsi di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Di saat militer Israel memperluas arena pertempurannya di Jalur Gaza, Jaksa Mahkamah Pidana Internasional (ICC) Karim Khan sedang melakukan kunjungan ke Tel Aviv dan Ramallah. Kunjungan Karim Khan ke Israel ini atas permintaan dan undangan para penyintas dan keluarga korban serangan pada 7 Oktober lalu.

Selain mencari bukti pidana yang terkait di 7 Oktober, kedatangannya juga sekaligus untuk mencari bukti pidana balasan Israel ke Gaza setelah 7 Oktober.

Sebelum menerima permintaan para penyintas dan keluarga korban serangan Hamas, pada 17 November 2023, jaksa Khan telah menerima permintaan bersama dari lima negara untuk menyelidiki situasi di Palestina. Kelima negara yang mengajukan permintaan tersebut adalah Selatan (Afsel), Bangladesh, Bolivia, Komoro, dan Djibouti.

Baru-baru ini tim pengacara ke Jalur Gaza telah mengajukan pengaduan ke ICC. Mereka menegaskan, apa yang dilakukan Israel di Gaza merupakan kejahatan genosida.

Saat berkunjung ke Ramallah awal Desember ini, Jaksa Khan meminta Israel untuk menghormati aturan internasional. Pada saat yang sama, Khan juga menyoroti kekerasan yang dilakukan oleh pemukim di Tepi Barat. Dia mengatakan akan mempercepat penyelidikannya atas kekerasan yang dilakukan pemukim Israel terhadap warga Palestina di wilayah pendudukan Tepi Barat.