Olahraga

Messi Atlet Terbaik Tahun Ini

×

Messi Atlet Terbaik Tahun Ini

Share this article

SALAH satu media paling populer asal Amerika Serikat (AS), Time, menobatkan sebagai atlet terbaik tahun 2023. Bintang Inter Miami itu dinilai memberikan dampak positif terhadap perkembangan di negara tersebut.

Time, yang mulai terbit pada 1923, kerap memberikan penghargaan terhadap sejumlah tokoh yang berpengaruh besar. Sejumlah sempat mendapatkan penghargaan ini, mulai dari Winston Churchill, Martin Luther King, hingga . Ini merupakan bentuk pengakuan Time terhadap kiprah sosok tersebut.

Pengakuan dari ini pun kerap dianggap sebagai salah satu yang bergengsi. Terhitung pada 2019, Time juga memberikan penghargaan khusus terhadap atlet yang dinilai memberikan pengaruh besar. Pada tahun ini, Time memberikan pengakuan tersebut kepada Lionel Messi.

Gambar lukisan wajah dan kapten sekaligus bintang timnas Argentina itu terpampang di halaman muka majalah Time terbitan teranyar. Ilustrasi itu dilengkapi dengan keterangan, ”Atlet Tahun Ini, Bintang Sepak Bola, Lionel Messi.”

Messi pun tercatat menjadi atlet non-Amerika Serikat pertama yang dinobatkan sebagai atlet terbaik tahun ini versi majalah Time. Kiprah dan kontribusi pemain berusia 36 tahun itu terhadap perkembangan sepak bola Amerika Serikat menjadi pertimbangan utama Time.

”Lionel Messi pada tahun ini berhasil melakukan sesuatu yang tampaknya tidak mungkin. Saat ia bergabung bersama Inter Miami, Messi telah mengubah Amerika Serikat menjadi negara sepak bola,” tulis laporan Time seperti dikutip AFP, Rabu (6/12).

Setelah memilih meninggalkan Paris Saint-Germain (), mantan bintang itu sepakat memperkuat Inter Miami pada 7 Juli 2023 2023. Pemain berjuluk La Pulga itu memilih salah satu klub kontestan Major League Soccer () itu agar bisa sedikit lebih tenang dalam menjalani sisa karier sebagai pesepak bola profesional.

Messi pun mengaku sempat membuka peluang kembali ke Barcelona setelah mengakhiri kerja sama dengan PSG. Begitu pula dengan opsi untuk memperkuat klub asal Arab Saudi. Namun, pemain dengan koleksi Ballon d'Or terbanyak sepanjang sejarah itu lebih memilih merapat ke Inter Miami.