Figur

Mengenal Tokoh Minang yang Mendunia

×

Mengenal Tokoh Minang yang Mendunia

Share this article

BERBICARA tentang , tentunya membicarakan tentang sesuatu hal yang tak akan pernah ada habisnya. Tak hanya ratusan, mungkin ribuan tokoh telah dilahirkan dari .

Harus diakui, Ranahminang memang memiliki banyak tokoh dengan beragam kontribusi. Mulai dari peran dalam mewujudkan kemerdekaan, dalam bidang pendidikan, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, tokoh Minangkabau menjadi satu kontributor dari banyaknya tokoh terkenal yang berasal dari penjuru Nusantara.

Minangkabau merupakan satu suku besar yang persebarannya sangat luas. Meskipun saat ini mayoritas mendiami daerah Sumatera Barat, tradisi merantau menjadikan suku ini bahkan bisa dijumpai di negara tetangga.

Dengan demikian tokoh yang berasal dari suku ini cukup banyak. Bisa dikatakan hampir semua bidang sudah terwakili. Dalam ulasan ini hanya akan membahas beberapa di antaranya, bukan dari besar kecilnya andil namun dari sisi popularitas. Bahkan tak hanya dalam negeri, ada pula .

Dilihat dari sejarah suku Minangkabau, ada cukup banyak tokoh yang memiliki kemampuan istimewa hingga menjadi tokoh yang populer. Adapun beberapa tokoh yang keharuman namanya populer sejak dahulu hingga kini dari Minangkabau adalah:

1. Hatta

Pastinya Anda pernah mendengar nama Muhammad Hatta bukan? Sebagai rekan seperjuangan Bung Karno dalam mencapai kemerdekaan, sosok satu ini popularitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Selain menjabat sebagai Wakil Presiden pertama , Bapak Koperasi juga disematkan padanya. Dialah yang menggagas konsep koperasi yang bertahan hingga kini.

Bukan tanpa alasan, keberhasilannya dalam menggagas konsep tersebut dilatarbelakangi keahliannya dalam bidang ekonomi.

Hatta merupakan putra Minang yang lahir di Fort de Kock, atau daerah yang saat ini lebih dikenal dengan . Daerah ini juga terkenal sebagai penghasil ubi jalar.

2. Haji Agus Salim

Orang Minang populer sebagai Islam taat. Dengan demikian tidak mengherankan jika tokoh yang berasal dari sana banyak dari kalangan ahli agama. Haji Agus Salim adalah salah satunya dengan anugerah yang dimilikinya.

Sejarah mencatat, Agus Salim merupakan menteri luar negeri ketiga. Tidak mengherankan hal itu menjadikan namanya terkenal hingga di kancah internasional. Dengan misi yang banyak dilakukannya di negara-, dia mendapatkan julukan sebagai “The Grand Old Man”.

Agus Salim merupakan tokoh pahlawan Minangkabau yang lahir di Koto Gadang, Agam. Kiprahnya cukup banyak dalam meraih kemerdekaan. Pria yang menguasai tujuh bahasa asing ini, merupakan seorang ulama yang tergabung dalam BPUPKI.

3. Sutan Sjahrir

Satu tokoh Minang yang tercatat memiliki semangat juang sejak muda adalah Sutan Sjahrir. Meskipun mengawali perjuangan dengan gemilang, sangat disayangkan akhir hidupnya dihabiskan di pengasingan.

Sjahrir terkenal sebagai seorang revolusioner kemerdekaan Indonesia, perintis sekaligus intelektual. Dengan anugerah yang dimilikinya tersebut, tak mengherankan jika dia pernah diangkat menjadi perdana menteri.

Sutan Sjahrir lahir di Padang Panjang. Selain tercatat sebagai satu pahlawan nasional, dia juga tercatat pernah mendirikan Partai Sosialis Indonesia. Geraknya ini cukup menjelaskan bagaimana kepribadiannya yang memiliki semangat tinggi.