Internasional

Perang Bikin Warga Israel Muak dengan Netanyahu

×

Perang Bikin Warga Israel Muak dengan Netanyahu

Share this article

SEJUMLAH warga menggelar protes pada Sabtu (2/12) malam di luar markas militer di Tel Aviv. Mereka memprotes pengeboman baru di yang mereka salahkan atas terhentinya pembebasan sekitar 130 sandera yang masih ditahan oleh .

Kelompok ini berkumpul setelah rapat umum mingguan yang menuntut pembebasan semua sandera yang ditahan oleh Hamas. Mereka berbaris di sekitar pangkalan militer Kirya milik Pasukan Pertahanan Israel dan menuntut pertemuan mendesak dengan kabinet negara tersebut untuk .

Noam Shuster-Eliassi, seorang komedian yang ikut serta, mempertanyakan keputusan untuk melanjutkan perang, yang dimulai kembali pada hari Jumat lalu. Menurutnya, ini menimbulkan kesengsaraan bagi keluarga para sandera yang masih ditawan Hamas.

“Banyak dari mereka yang berpartisipasi (dalam aksi ini) adalah aktivis anti-perang, yang berusaha melakukan segala yang kami bisa untuk menghentikan pemerintahan kriminal ini,” paparnya dikutip The Guardian, Senin (4/12).

Ini adalah pertama kalinya keluarga dari beberapa korban penculikan berkumpul dengan aktivis lainnya. Mereka yang berbicara termasuk Yael Adar, yang putranya yang berusia 38 tahun, Tamir, masih ditahan oleh Hamas, meskipun ibu mertuanya yang berusia 85 tahun, Yaffa, dibebaskan lebih dari seminggu yang lalu.

Menurut Shuster-Eliassi, hanya upaya politik dan perjanjian diplomatik yang dapat membuat masyarakat tetap hidup. Ia mengacu pada perjanjian gencatan senjata pekan lalu yang berhasil membawa pulang puluhan orang sandera.

“Satu-satunya alasan mengapa beberapa orang di sini memiliki oksigen dan energi dalam tubuh kami adalah karena gencatan senjata beberapa hari di mana kami melihat keluarga-keluarga bersatu kembali dan kami tahu bahwa orang-orang di Gaza tidak dibombardir.”