Breaking News

Pasca Erupsi Marapi, 14 Kecamatan di Agam Terdampak Hujan Abu & Batu

×

Pasca Erupsi Marapi, 14 Kecamatan di Agam Terdampak Hujan Abu & Batu

Share this article

BuliranNews, LUBUK BASUNG – Sebanyak 14 dari 16 yang ada di , Sumatera Barat, menjadi daerah terparah yang terdampak langsung hujan abu dan batu pasca erupsi .

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam Olkawendri pada wartawan mengatakan, data itu didapat dari laporan para pimpinan kecamatan di daerah dimaksud.

“Data ini, diperoleh dari masing-masing pimpinan camat,” kata Olkawendri di Lubuk Basung, Minggu (3/12).

Empat kecamatan yaitu Canduang, Sungai Pua, Ampek Angkek dan Malalak, menjadi wilayah yang terdampak hujan abu dan batu.

Sebanyak 10 kecamatan terdampak hujan abu yaitu Kecamatan Banuhampu, Tilatang Kamang, Baso, Tanjung Raya, Lubuk Basung, Ampek Koto, Matur, Tanjung Mutiara, Palembayan dan Kamang Magek.

“Dari 16 kecamatan yang ada di Kecamatan Agam, dua kecamatan yaitu Palupuh dan Ampek Nagari, alhamdulillah tidak terdampak bencana ,” kata dia.

Dikatakan pula, warga di empat kecamatan terdekat dengan Gunung Marapi masih bertahan di rumah mereka usai gunung tersebut erupsi. Namun mereka disarankan tidak ke luar rumah dan memakai masker, agar terhindar dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).