Gaya Hidup

Mengenal 10 Kota Termahal di Dunia

×

Mengenal 10 Kota Termahal di Dunia

Share this article

BIAYA hidup semakin lama semakin meningkat. Hal ini membuat sejumlah kota besar di dunia menjadi kota dengan hidup termahal di dunia.

Menurut Indeks Sedunia tahunan yang diterbitkan oleh (EIU), rata-rata biaya hidup naik sebesar 7,4 persen pada 2023. Dari sejumlah aspek , harga bahan yang paling cepat meningkat.

Meskipun angka ini sedikit lebih rendah dibandingkan lonjakan 8,1 persen pada survei serupa yang tercatat pada tahun 2022, angka tersebut masih jauh lebih tinggi dibandingkan tren historis.

Namun, kabar baiknya, harga utilitas yang tahun lalu paling cepat naik, tahun ini menunjukkan jumlah inflasi yang paling kecil.

Dilansir dari CNN, kenaikan harga melambat karena berkurangnya masalah rantai pasokan sejak China mencabut pembatasan Covid-19 pada akhir tahun 2022.

Namun, harga bahan makanan terus meningkat karena pengecer membebankan biaya yang lebih tinggi kepada konsumen.

“Kami memperkirakan inflasi akan terus melambat pada tahun 2024, karena dampak kenaikan suku bunga mulai mempengaruhi aktivitas ekonomi, dan pada gilirannya, permintaan konsumen,” kata Upasana Dutt, kepala Biaya Hidup Seluruh Dunia di EIU.

Sementara itu, Dutt memperingatkan bahwa risiko konflik bersenjata dan masih ada.

“Eskalasi lebih lanjut dari - akan menaikkan harga energi, sementara dampak El Niño yang lebih besar dari perkiraan akan semakin menaikkan harga pangan,” dia menambahkan.

Tidak dapat dipungkiri, meningkatnya biaya hidup menyebabkan biaya hidup di banyak kota menjadi lebih mahal. Namun, ada beberapa kota yang terkena dampak lebih parah dibandingkan kota lainnya.

Singapura dan Zurich di Swiss dinobatkan sebagai kota termahal di dunia.