Kuliner

Ayo Buru! Kuliner Berikut Berasal dari Palestina Lho

×

Ayo Buru! Kuliner Berikut Berasal dari Palestina Lho

Share this article

SEBULAN terakhir, perhatian kita beralih ke . bela Palestina, menggema dari seluruh penjuru dunia, termasuk juga di Indonesia.

Gerakan ini muncul akibat invasi brutal yang berusaha memerangi kelompok di pihak Palestina.

Sontak, aksi brutal tersebut menuai banyak kritik hingga melahirkan gerakan boikot terhadap produk-produk buatan Israel maupun yang terafiliasi. Sebaliknya, produk-produk buatan Palestina terus diburu konsumen sebagai bentuk solidaritas.

Bahkan, Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menghapus tarif bea masuk produk kurma dan minyak zaitun asal Palestina sejak tahun 2019 lalu. Hal itu dilakukan sebagai komitmen Indonesia mendukung kebebasan Palestina.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 126/PMK.010/2018 tentang penetapan tarif bea masuk dalam rangka fasilitasi perdagangan untuk produk tertentu yang berasal dari wilayah Palestina.

Meski demikian, tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa produk dari Palestina yang dijual di Indonesia.

Berikut produk-produk buatan Palestina yang di jual di Indonesia:

1. Kurma Medjool

Kurma Medjool adalah salah satu produk kurma andalan Palestina. Kurma jenis ini dikenal dengan ukurannya yang jumbo, memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut.

2. Minyak zaitun

Selain kurma, pemerintah juga membebaskan bea masuk untuk produk minyak zaitun asal Palestina. Alasannya, kurma dan zaitun merupakan produk yang belum banyak diproduksi di Indonesia sehingga pemerintah menerapkan penghapusan tarif bea masuk.

3. Kacang Almonds Asap