Headline

Data Pemilih Bocor !

×

Data Pemilih Bocor !

Share this article

KETUA Hasyim Asy'ari angkat bicara soal dugaan 204 juta yang dikelola lembaganya dicuri oleh peretas dan dijual di forum hacker. Hasyim mengatakan, daftar pemilih tetap (DPT) sebenarnya tidak hanya dimiliki oleh KPU RI.

Dia menjelaskan, data DPT Pemilu 2024 dalam bentuk soft copy tidak hanya berada di data center KPU. Data tersebut juga dipegang oleh banyak pihak.

“Karena memang UU Pemilu mengamanatkan kepada KPU untuk menyampaikan DPT soft copy kepada peserta Pemilu 2024 dan juga Bawaslu,” kata Hasyim kepada wartawan lewat keterangan tertulisnya..

Kendati begitu, dia melanjutkan, tim KPU bersama Gugus Tugas Keamanan Siber sedang bekerja menelusuri atau menginvestigasi kebenaran dugaan kebocoran data pemilih tersebut. Gugus tugas terdiri atas Badan Siber Sandi Negara (BSSN), Cybercrime , Badan Intelijen Negara (BIN), dan Kemenkominfo.

Terpisah, Komisioner KPU RI Idham Holik menyebut, investigasi diperlukan untuk membuktikan klaim peretasan data pemilih tersebut. Dia lantas mengungkit kasus dugaan peretasan data pemilih oleh Bjorka pada 2022, tapi belakangan terbukti tidak benar.

“Data yang dipublikasikan oleh Bjorka bukan file data Pemilih Serentak 2019 ataupun 2024,” kata Idham kepada wartawan.

Idham mengaku, yakin semua sistem informasi KPU terlindungi dan aman. Pasalnya, semua sistem informasi yang dikelola oleh KPU telah tersertifikasi oleh Kemenkominfo. “Semua sistem informasi tersebut dilengkapi atau diproteksi dengan firewall yang dapat diandalkan,” ujarnya.