Pengetahuan

Telisik 9 Pulau Terkecil di Dunia

×

Telisik 9 Pulau Terkecil di Dunia

Share this article

PULAU adalah daratan yang dikelilingi air, dengan luas wilayah yang lebih kecil dari benua, namun lebih besar dari terumbu karang.

Ada banyak pulau di dunia yang memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Mulai dari pulau yang paling besar yang populer, hingga yang bahkan tidak memiliki nama.

Beberapa pulau juga sekaligus menjadi sebuah negara dan sebagian pulau besar bahkan menampung lebih dari satu negara.

Selain itu, jumlah penduduk yang tinggal di setiap pulau sangat bervariasi. Bahkan, ada pulau yang tidak berpenghuni.

Lantas, mana saja yang ada di dunia? Dirangkum dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa pulau terkecil yang ada di dunia:

1. Just Room Enough Island

Dikutip dari laman A-Z Animals, Just Room Enough adalah pulau berpenghuni terkecil di dunia dengan luas kurang lebih 306 meter persegi.

Beara di Amerika Serikat, pulau kecil itu dibeli pada tahun 1950-an oleh sebuah keluarga kaya untuk dijadikan rumah . Ada rumah, pohon, semak belukar, dan pantai kecil.

Pulau ini terletak di rangkaian pulau yang berisi 1.864 pulau dengan banyak hotel dan perkemahan.

2. Simping Island

Pulau terkecil tak berpenghuni di dunia, Pulau Simping Kalimantan Barat, hanya memiliki luas 0,5 hektare. Klaim ini juga diakui oleh .

Letaknya di pinggiran utara kota Singkawang, pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang. Ada jembatan penyeberangan yang memberi akses mudah bagi pengunjung.

3. Dangar Island

Pulau Dangar adalah pulau kecil dekat Sydney yang kaya akan sejarah kolonial, adat, dan alam, yang memiliki luas sekitar 29 hektare. Sungai Hawkesbury menampung berbagai macam spesies ikan.

Pulau Dangar dan sekitarnya memiliki lebih dari 100 spesies hewan dan lebih dari 90 spesies tumbuhan.

4. Corvo Island

Dikutip dari laman Reader's Digest, Sekitar 1.6 kilometer sebelah barat daratan Portugal di Atlantik tengah terdapat rangkaian sembilan pulau yang dikenal sebagai Azores.

Pulau Corvo adalah pulau seluas 18 kilometer persegi dengan hanya 400 penduduk, tiga restoran, dan lima akomodasi.