Berita

“Perang Saudara” Ancam Israel

×

“Perang Saudara” Ancam Israel

Share this article

MASALAH besar dihadapi Perdana Menteri (PM) Benjamin , dimana orang nomor satu di negara zionis itu menghadapi dua konflik sekaligus. Selain memimpin operasi militer Israel di untuk menghancurkan milisi , itu juga menghadapi persoalan politik dalam negerinya.

Dalam laporan Reuters, publik Israel telah mengamuk kepada beberapa menteri di kabinet Netanyahu dengan menyalahkan mereka karena gagal mencegah milisi bersenjata Hamas masuk dari Gaza, yang menewaskan 1.200 orang, menculik 240 orang lagi dan melanda negara itu dalam .

Dalam insiden terpisah, setidaknya tiga menterinya menjadi sasaran cemoohan dan pelecehan ketika mereka tampil di depan umum, yang menggarisbawahi besarnya kemarahan publik atas kegagalan yang membuka jalan bagi Hamas untuk melakukan serangan tersebut.

Selama akhir pekan, kantor Netanyahu mengeluarkan video yang menunjukkan dia berada di ruang situasi Kementerian Pertahanan. Pada hari Minggu, Netanyahu mengunjungi Gaza. Kantornya kemudian mengeluarkan foto-foto yang menunjukkan dia mengenakan helm dan jaket anti bertemu dengan tentara dan komandan.

Dikenal dengan julukan “Bibi”, Netanyahu akan mendapatkan keuntungan dari perang yang semakin menunda persidangan yang telah ia jalani selama 3,5 tahun dan menunda penyelidikan negara mengenai mengapa Israel di bawah kepemimpinannya lengah.

Berkumpul dengan para jenderal, ia mungkin juga berharap untuk menyelamatkan reputasinya melalui tindakannya dalam perang dan kembalinya sandera, sambil menolak untuk menerima tanggung jawab dan mengabaikan pertanyaan yang menanyakan apakah ia akan mengundurkan diri.