Headline

Bumi Kian Panas, Gunung Es A23a Lepas

×

Bumi Kian Panas, Gunung Es A23a Lepas

Share this article

PARA peneliti pada Jumat (24/11) membeberkan fakta-fakta seputar terbesar di dunia yang mencair dan lepas. Pecahan gunung es itu bergerak untuk pertama kalinya setelah lebih dari terakhir.

Dengan luas hampir 4.000 km persegi, gunung es Antartika yang diberi nama A23a ini diperkirakan tiga kali ukuran Kota .

Sejak lepas dari di Antartika Barat pada 1986, gunung es yang pernah menjadi tempat stasiun penelitian Soviet tersebut sebagian besar terdampar setelah pangkalannya terjebak di dasar Laut Weddell.

Citra satelit baru-baru ini mengungkapkan bahwa gunung es, yang berbobot hampir satu triliun metrik ton, kini bergerak dengan cepat melewati ujung utara Semenanjung Antartika, dibantu oleh angin dan arus kencang.

“Sangat jarang melihat gunung es sebesar ini bergerak,” kata ahli glasiologi Survei Antartika Inggris Oliver Marsh dikutip dari Reuters, Minggu (26/11).

Saat ia bertambah kuat, gunung es raksasa tersebut kemungkinan akan diluncurkan ke Arus Lingkar Kutub Antartika. Ini akan mengarahkannya menuju Samudera Selatan melalui jalur yang dikenal sebagai “lorong gunung es” di mana spesies serupa dapat ditemukan terombang-ambing di perairan gelap.