Kesehatan

Ayo Buru, Ini Deretan Sabun Mandi Merek Lokal Pro Palestina

×

Ayo Buru, Ini Deretan Sabun Mandi Merek Lokal Pro Palestina

Share this article

BELAKANGAN ini warganet ramai membicarakan boikot tentang produk yang terafiliasi , dari sampai bahan pokok lainnya.

Pemboikotan warganet mencuat sampai tercetuslah keputusan MUI untuk mengharamkan segala bentuk dukungan terhadap Israel.

Banyak beredar produk-produk yang terafiliasi oleh Israel di sosial media, mulai dari produk sampai produk bahan pokok rumah tangga lainnya.

Produk-produk yang tersebar di sosial media merupakan hasil dari penelusuran para warganet secara mandiri, bukan dari arahan manapun.

Banyaknya daftar nama produk yang diboikot oleh warganet membuat beberapa orang sempat kebingungan mencari penggantinya.

Pasalnya produk yang diboikot adalah produk yang cukup laris dan sudah menjadi langganan produk rumah tangga di setiap daerah.

Begitu pula dengan produk rumah tangga seperti sabun mandi, yang sudah menjadi produk wajib yang harus dibeli setiap bulannya.

Tidak perlu khawatir, ternyata Indonesia memiliki beberapa sabun mandi dengan merek yang cukup terkenal di kalangan warganet.

Beberapa merek sabun mandi lokal telah ditelusuri bebas dari afiliasi oleh Israel, dan bisa menjadi alternatif sabun mandi.

Dalam video akun TikTok @infoskincaree merilis beberapa produk lokal yang bisa digunakan untuk menjadi pengganti merek yang sudah terafiliasi oleh Israel.

1. Fresh and Natural

Fres and natural merupakan produk lokal dari Wings Corporation. Sabun mandi ini tersedia dalam dua bentuk, batang dan cair.

Wings corporation adalah brand lokal asal Surabaya yang berdiri dari tahun 1948, yang sekarang sudah berkembang memiliki lebih dari sepuluh brand local produk rumah tangga lainnya.

2. Marina

Marina merupakan merek yang lebih dikenal dengan produk hand and bodynya, namun siapa sangka, merek ini juga memiliki produk sabun mandi yang segar.

Marina sendiri berasal dari PT. Barclay Product yang ternyata cabang atau anak perusahaan dari Tempo Scan Group asal Jakarta.

3. GIV