Headline

Operasional RS Indonesia di Gaza Berhenti !

×

Operasional RS Indonesia di Gaza Berhenti !

Share this article

SESUATU yang ditakutkan itu, akhirnya terjadi juga. Dimana, Rumah Sakit Indonesia di utara akhirnya berhenti beroperasi akibat kekurangan pasokan peralatan medis serta banyaknya pasien di tengah di wilayah tersebut. Hal ini disampaikan direktur rumah sakit Atef al-Kahlout.

Rekaman dari rumah sakit di Beit Lahiya di Jalur menunjukkan yang terluka berbaris di lorong-lorong fasilitas tersebut dan berbaring atau tengkurap di tengah genangan darah.

“Kami tidak dapat menawarkan layanan apapun lagi… kami tidak dapat menawarkan tempat tidur apapun kepada pasien,” kata al-Kahlout kepada Al Jazeera pada Kamis (16/11/2023).

Meskipun rumah sakit tersebut memiliki kapasitas 140 pasien, al-Kahlout mengatakan sekitar 500 pasien saat ini berada di dalam rumah sakit.

Dia mengatakan 45 pasien memerlukan “intervensi bedah segera”, dan meminta ambulans untuk “tidak membawa lebih banyak orang yang terluka” ke fasilitas tersebut karena kurangnya kapasitas.

Dia mengatakan departemen rumah sakit “tidak dapat melaksanakan pekerjaan mereka”. Petugas di rumah sakit menyebutkan kekurangan pasokan yang parah.

“Kami tidak memiliki tempat tidur,” kata seorang petugas kesehatan. “Orang ini membutuhkan unit perawatan intensif… Dan pasien ini,” katanya sambil menunjuk pasien lain yang kakinya diamputasi, “kami tidak punya obat.”