Internasional

Jalur Gaza & Tepi Barat, Wilayah Palestina yang Terpisah dan Dirampas Israel

46
×

Jalur Gaza & Tepi Barat, Wilayah Palestina yang Terpisah dan Dirampas Israel

Share this article

yang melibatkan Hamas Palestina vs terus memanas sejak 7 Oktober lalu hingga membuat Tel Aviv terus menggempur Jalur .

Pada Selasa (17/10), Rumah Sakit Baptis Al Ahli di selatan Gaza diserang roket hingga menewaskan lebih dari 500 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

Hingga kini, belum diketahui siapa pelaku serangan ke RS Al Alhi lantaran Hamas dan Israel saling menuding satu sama lain.

Di tengah peperangan di Gaza, Israel juga mulai melancarkan operasi dan serangan ke Palestina

Jadi, apa perbedaan Jalur Gaza dan Tepi Barat Palestina? Jalur Gaza dan Tepi Barat merupakan dua wilayah Palestina yang kini terpisah oleh wilayah Israel.

Setidaknya lima juta penduduk tinggal di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Antara Jalur Gaza dan Tepi Barat memiliki perbandingan luas wilayah yang cukup jauh.

Luas Jalur Gaza adalah 140 mil persegi atau 362 kilometer persegi, sedangkan Tepi Barat seluas 2.173 mil persegi atau 5.628 kilometer persegi.

Jalur Gaza terletak di sudut barat daya pantai Laut Mediterania dan berbatasan dengan Mesir di selatannya.

Sementara itu, Tepi Barat terletak di timur laut yang berbatasan dengan Yordania dan sebagian besar Laut Mati.

Palestina merupakan negara yang utuh dalam satu wilayah sebelum ada klaim pembentukan . Setelah I, Liga Bangsa-Bangsa (kini Perserikatan Bangsa-Bangsa/) memberi Inggris mandat untuk mengatur dan memerintah Palestina pada 1922.

Selama mandat Inggris itu berlangsung, gelombang eksodus imigran Yahudi terus berdatangan dari Eropa ke Palestina dan menetap di sana. Saat itu, Perang Dunia II sedang pecah dan kekerasan terhadap komunitas Yahudi terus meluas di Eropa.

Sejak itu, ketegangan antara warga Arab Palestina dan Yahudi terus berlangsung. Pada 1947, PBB memutuskan membagi wilayah Palestina menjadi enam bagian yakni tiga wilayah Yahudi (Israel) dan tiga wilayah Arab (Palestina).

Sementara itu, satu wilayah yakni Yerusalem serta Bethlehem sepenuhnya berada dalam kontrol komunitas internasional.