Dunia Satwa

Waspada! Ini Tanda Ada Ular di Kediaman Kalian

×

Waspada! Ini Tanda Ada Ular di Kediaman Kalian

Share this article

BINATANG melata ini merupakan salah satu binatang yang menakutka. Meski habitatnya ada di alam liar, namun ular dapat sewaktu-waktu masuk ke dalam rumah melalui, pintu, jendela, atau lubang yang terbuka.

Hewan reptil ini suka berada di tempat yang lembap, dingin, gelap, dan penuh dengan sumber . Ular umumnya menyukai dapur, loteng, dan garasi untuk bersembunyi dan membuat sarang.

Untuk mencegah terserang ular, pemilik rumah harus mengetahui tanda-tanda yang menunjukkan keberadaan hewan melata tersebut di tempat tinggal. Setelah menemukan ular di rumah, tangkap dengan jebakan, usir pakai tongkat ke luar rumah, atau minta bantuan tenaga profesional.

Berikut sejumlah hal yang menandakan ada ular yang masuk atau bahkan bersarang di dalam rumah:

1. Kulit ular yang terkelupas

Sisa-sisa kulit ular yang mengelupas dan berserakan di area terpencil sekitar rumah merupakan petunjuk utama keberadaannya.

Dikutip dari Best Life Online, ular berganti kulit secara berkala dalam waktu beberapa kali selama setahun. Kulitnya akan ditinggalkan begitu saja di sekitarnya.

Ular akan suka ganti kulit di sekitar tumpukan beton atau kayu. Barang-barang ini akan melindungi tubuhnya selama kulit yang baru mengeras.

2. Bau timun

Ular memiliki bau yang khas dan mencolok. Sulit untuk mendeskripsikannya secara langsung, tapi sekilas baunya seperti timun.

Bau yang aneh di tempat yang lembap dan jarang dikunjungi dapat menunjukkan keberadaan hewan ini. Umumnya area tersebut memiliki bau lembab yang lebih familiar daripada bau ular.

3. Jejak merayap

Dilansir dari Inside Jodu, ular akan meninggalkan jejak saat berjalan dengan cara merayap. Di area rumah yang jarang dikunjungi manusia biasanya berdebu. Debu yang tampak memiliki jejak panjang akan mengidentifikasi jalannya ular.

4. Suara aneh

Ular mengeluarkan suara mendesis. Jika mendengar suara-suara aneh dari tempat yang gelap, lembap, dan jarang dilewati, kemungkinan besar itu suara ular.

Suara-suara ini berfungsi sebagai peringatan yang memberi tahu lawan untuk mundur. Suara ular mungkin terdengar di ruang bawah tanah, gudang, tempat cuci, dan loteng.

5. Hewan pengerat dan burung berkurang

Pengurangan hewan pengerat dan burung di sekitar rumah menjadi salah satu pertanda kehadiran ular. Kedua hewan ini merupakan mangsa utama ular. Baca juga: 4 Aroma yang Mengundang , Singkirkan Sebelum Terlambat.