Berita

Roket Hamas Berikut, Sangat Ditakuti Tentara Israel

×

Roket Hamas Berikut, Sangat Ditakuti Tentara Israel

Share this article

SETIAP kali Palestina dan bersitegang, maka serangan roket memainkan peranan penting. Karena, serangan roket akan menjadi salah satu cara untuk “menggertak” Israel.

Sebagaimana diketahui, terus memproduksi roket mematikan sebagai antisipasi terhadap peningkatan eskalasi ketegangan. Misalnya pada Rabu malam (11/5), sekitar 300 roket diluncurkan dari ke Israel.

Itu menunjukkan peningkatan dibandingkan pada 2-3 Mei lalu di mana hanya 100 roket yang ditembakkan ke wilayah Israel. Hal tersebut justru kontras dengan .

“Secara ekonomi, Gaza tidak baik,” kata Yonah Jeremy Bob, kata pakar militer.

Dia mengatakan, Hamas selalu memainkan tujuan tertentu melancarkan . Hamas mengembangkan roket dengan bantuan aliansi asing, terutama Iran. Teheran menyuplai material pendukung roket dengan diselundupkan melalui laut dan perbatasan Sinai dan Gaza.

Berikut beberapa jenis roket yang dikembangkan Hamas :

1. M-75 Roket

M-75 tersebut diproduksi secara langsung di Gaza. Itu kerap digunakan Hamas untuk melancarkan serangan ke Tel Aviv. Hamas memproduksi roket tersebut di bengkel lokal dengan bantuan material dari Iran. Roket tersebut pernah digunakan untuk melawan pada Operasi Pillar of Cloud 2012 dan Operasi Protective Edge pada 2014.

2. Qassam

Roket sederhana itu dikembangkan oleh Brigade Izz ad-Din al-Qassam, sayap militer Hamas. Roket tersebut memiliki tiga model dan mulai digunakan sejak 2001. Produksi roket tersebut dilaksanakan sejak Intifada Kedua dengan daya jelajah sekitar 4,5 km.

3. Al Quds-3