Ekonomi

Diburu Bangsa Eropa! Ini Rempah-Rempah Khas Indonesia

×

Diburu Bangsa Eropa! Ini Rempah-Rempah Khas Indonesia

Share this article

REMPAH adalah salah satu sumber kekayaan Indonesia. Bahkan, berkat rempah-rempah ini, Indonesia dikenal dunia, terlebih banyak . Banyak rempah-rempah Indonesia yang dicari bangsa Eropa.

Portugis merupakan negara pertama yang menginjakan kaki di Indonesia yang menemukan banyak rempah-rempah yang bisa memiliki manfaat begitu banyak. Tidak sampai di sana, beberapa tahun kemudian bahkan datang bangsa Belanda dan dengan nyata mengeksploitasi alam Indonesia untuk mengambil rempahnya.

Memang tidak hanya sekadar tanaman yang bisa memberikan cita rasa sedap masakan, bangsa Eropa banyak yang mengklaim bahwa rempah-rempah adalah tanaman suci. Dahulu, mereka bahkan menggunakan merica sebagai alat pembayaran loh dengan harga setara dengan emas.

Rempah-rempah apa saja sih yang diincar Eropa? Nah, berikut dijelaskan 7 rempah-rempah Indonesia yang dicari bangsa Eropa. Yuk, disimak supaya lebih tahu manfaatnya.

Lada

Lada atau merica menjadi rempah-rempah di urutan pertama yang sangat dicintai oleh bangsa Eropa. Hal ini dikarenakan lada memberikan efek hangat sehingga cocok untuk dikonsumsi di dataran Eropa yang dingin.

Salah satu rempah-rempah Indonesia yang dicari bangsa Eropa ini berbentuk bulat-bulat kecil dan keras. Sahabat bisa mengeringkan lalu menumbuknya untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Pala

Pala banyak tumbuh di Maluku sehingga dahulu, bangsa Eropa selalu menargetkan pulau tersebut untuk disinggahi. Memang tidak hanya tumbuh di Indonesia, tetapi pala Indonesia memiliki kualitas terbaik di dunia.

Biasanya, pala digunakan untuk minuman penyegar atau campuran pada kue sehingga rasanya lebih terasa dan harum. Oh iya, pala juga bisa dijadikan sebagai pengawet pada manisan loh, Sahabat, sehingga tahan lama terlebih ketika disimpan di lemari pendingin.

Cengkeh

Siapa sih yang tidak tahu cengkeh? Rempah-rempah Indonesia yang dicari bangsa Eropa ini berasal dari bunga tanaman jambu-jambuan yang aromanya begitu harum. Biasanya, cengkeh digunakan untuk rokok dan bahan utama obat-obatan loh.

Kayu Manis