Internasional

Puluhan Ribu Tenaga Medis AS Mogok Kerja

83
×

Puluhan Ribu Tenaga Medis AS Mogok Kerja

Share this article

BuliranNews, WASHINGTON – Puluhan ribu perawat dan pekerja lainnya melancarkan aksi mogok kerja selama tiga hari di fasilitas-fasilitas Kaiser Permanente di seluruh Amerika Serikat (AS). Aksi ini digelar setelah perundingan kontrak gagal memenuhi tenggat waktu yang diberikan oleh serikat pekerja untuk mencapai kesepakatan.

Pemogokan terhadap Kaiser, salah satu jaringan nirlaba dan organisasi perawatan kesehatan terkemuka di Amerika Serikat, menandai pemogokan terbesar yang pernah terjadi di industri medis AS. Kaiser Permanente mengatakan rumah sakit dan unit gawat daruratnya akan tetap buka selama aksi mogok kerja dan dikelola oleh para dokter, manajer, dan “pekerja darurat”.

Ketatnya pasar tenaga kerja AS dan inflasi menyebabkan negosiasi kontrak yang penuh perdebatan dan pemogokan mengenai gaji dan tunjangan bagi para pekerja di berbagai bidang tahun ini, termasuk industri mobil, kereta api, penerbangan, dan hiburan.

Serikat pekerja Kaiser telah menetapkan tenggat waktu pukul 13.00 waktu Greenwitch (GMT) hari Rabu (5/10) untuk mencapai kesepakatan tentang pakta baru yang mencakup perawat, teknisi medis, dan staf pendukung di ratusan rumah sakit di California, Oregon, negara bagian Washington, Colorado, Virginia, dan Washington, DC.

“Baik manajemen Kaiser Permanente maupun perwakilan serikat pekerja koalisi masih berada di meja perundingan, setelah bekerja sepanjang malam dalam upaya mencapai kesepakatan,” kata Kaiser dalam sebuah pernyataan.

Koalisi yang terdiri dari delapan serikat pekerja yang mewakili perawat, teknisi, dan staf pendukung, mengatakan perusahaan gagal bernegosiasi dengan itikad baik dalam perundingan. Pakta tenaga kerja sebelumnya berakhir pada 30 September.