Olahraga

Stadion-Stadion di Lokasi Tertinggi di Dunia

50
×

Stadion-Stadion di Lokasi Tertinggi di Dunia

Share this article

PARA pecinta olahraga, pasti mengetahui dengan sangat fasih. Stadion merupakan tempat untuk penyelenggaraan kegiatan olahraga, termasuk kompetisi . Untuk memfasilitasi pertandingan sepak bola, setiap daerah, negara atau bahkan kota akan membangun stadionnya .

Sayangnya, masing-masing wilayah memiliki ketinggian berbeda yang menyebabkan stadion dapat dibangun di lokasi yang tinggi. Perbedaan ketinggian dapat memengaruhi kondisi pemain.

Federasi Sepak Bola Internasional () bahkan pernah melarang stadion yang lokasinya terlalu tinggi digunakan sebagai tempat pertandingan. Tak hanya itu, pemain bintang pernah menelan kekalahan telak di salah satu stadion tersebut.

10 stadion dengan lokasi tertinggi di dunia berikut ini:

1. Estadio Daniel Alcides Carrion (4.337,9 mdpl)

Estadio Daniel Alcides Carrion dibangun di Kota Cerro de Pasco, Peru. Tempat ini merupakan stadion dengan ketinggian tertinggi di dunia. Stadion ini dibangun oleh insinyur Korps Angkatan Bersenjata Mesir.

Namanya diambil dari mahasiswa kedokteran Peru yang memberi nama untuk penyakit Carrion, yaitu Daniel Alcides CarriĆ³n. Pada Mei 2007, FIFA melarang pertandingan internasional dimainkan di ketinggian 2.499 mdpl.

Karena itu, keberadaan stadion ini sempat menimbulkan kontroversi. Namun, larangan itu dicabut pada 2008. Saat ini, stadion tersebut menjadi rumah bagi klub Union Minas. Stadion ini berkapasitas tempat duduk 8.000 orang.

2. Stadion Villa Ingenio (4081,9 mdpl)

Estadio de Vila Ingenio terletak di Kota El Alto, Bolivia. Stadion ini memiliki ketinggian 4081,9 mdpl sehingga menjadi stadion tertinggi kedua di dunia. Stadion ini pertama kali dibuka pada 2017 dengan kapasitas tempat duduk 25.000 orang.

Stadion tersebut menjadi tuan rumah bagi dua klub Bolivia, Always Ready dan Club Deportivo FATIC. Dikutip dari Football Stadiums, stadion ini memenuhi standar untuk menjadi tuan rumah kompetisi yang diselenggarakan FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL).

3. Estadio Victor Augustin Ugarte (3.899,9 mdpl)

Estadio Victor Augustin Ugarte awalnya bernama Estadio San Clemente. Stadion yang berdiri di ketinggian 3.899,9 mdpl ini terletak di Potosi, Bolivia. Stadion ini pertama kali dibuka pada 1992. Saat ini, stadion tersebut merupakan kandang bagi klub Real Potosi dan Nacional Potosi.

Sebanyak 32.105 penonton dapat duduk di stadion ini. Lokasi stadion yang terlalu tinggi membuat para pemain yang tidak pernah bermain di sana setidaknya selama dua minggu harus beradaptasi dengan kekurangan oksigen di sana. Ini menjadi keuntungan bagi tim tuan rumah dibandingkan tim tamu dari negara lain.

4. Estadio Enrique Torres Bolen (3.828,9 mdpl)

Estadio Enrique Torres Belon terletak di dekat Danau Titicaca, Kota Puno, Peru. Tempat ini merupakan salah satu stadion paling unik karena seluruhnya dibangun dari batu. Stadion ini terletak di ketinggian 3828,9 mdpl.

Stadion yang dibuka pada 1963 menjadi rumah bagi klub Alfonso Ugarte. Stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk 20.000 orang.

5. Estadio Guillermo Briceno (3.823,7 mdpl)

Kota Juliaca, Peru merupakan rumah bagi Estadio Guillermo Bricenox yang terletak di ketinggian 3823,7 mdpl. Stadion ini secara resmi dibuka pada 1946. Tempat tersebut memiliki kapasitas tempat duduk 20.030 orang. Saat ini, menjadi rumah bagi klub Peru Deportivo Biancional.

6. Estadio Jesus Bermudez (3.734,7 mdpl)