Ekonomi

Orang-Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes 2023

×

Orang-Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes 2023

Share this article

DAFTAR di dunia, nyaris berubah setiap saatnya. Terlebih setelah Vovid-19 melanda, saham mulai jatuh dan kenaikan suku bunga dianggap menjadi tahun buram bagi mereka yang berstatus taipan dunia.

adalah jenis orang paling berkuasa di muka bumi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap sebagian besar perekonomian global. Mereka juga berperan penting dalam banyak hal seperti politik internasional, media, aktivitas filantropi, dan inovasi ilmiah.

Banyak telah mendirikan perusahaan yang mempekerjakan puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu karyawan di seluruh dunia dan berada di belakang beberapa merek terkenal seperti Microsoft, Amazon, Tesla, , dan Nike.

telah melacak sejak 1987. Tahun ini, Forbes menemukan 2.640 di antaranya untuk daftar tahunan. Sepanjang tahun, daftar tersebut terus diperbarui setiap hari. Banyak miliarder yang menyimpan sebagian besar kekayaan bersihnya di saham perusahaan yang mereka.

Hampir sepanjang 2023, raja barang mewah Prancis Bernard Arnault menjadi orang terkaya di dunia menurut data yang dihimpun Forbes. Akan tetapi, hal tersebut berubah pada 8 Juni 2023, ketika CEO Tesla menyalip Arnault untuk kembali menjadi orang terkaya nomor satu di dunia dengan kekayaan mencapai hampir USD 238 miliar.

Pada 1 September 2023, Musk masih menjadi orang terkaya di dunia. Posisi ini sebenarnya telah ia pegang di hampir sepanjang tahun 2022 lalu. Lantas, berapakah harta yang dimiliki orang terkaya di dunia saat ini? Siapa saja yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia?

Melansir Forbes, berikut daftar 10 orang terkaya di dunia terbaru versi Forbes per 1 September 2023.

10. Steve Ballmer

Steve Ballmer adalah teman sekelas Bill Gates di Universitas Harvard. Ia menjalani karier di Microsoft sebagai CEO dari tahun 2000 hingga 2014. Ia bergabung dengan Microsoft sebagai karyawan nomor 30 pada 1980 setelah keluar dari program MBA di Universitas Stanford.

Pada tahun ketika Ballmer pensiun dari Microsoft, lalu membeli tim Los Angeles Clippers seharga USD 2 miliar yang merupakan sebuah rekor tertinggi untuk tim NBA pada saat itu. Forbes sekarang menilai harga tim tersebut sebesar USD 3,9 miliar.

Kekayaan Ballmer turun sekitar USD 2 miliar dalam sebulan terakhir akibat sedikit penurunan harga saham Microsoft.

Kekayaan bersih: USD 100,8 miliar
Sumber: Microsoft, investasi
Usia: 67 tahun
Tempat Tinggal: Hunts Point, Washington
Kewarganegaraan: AS

9. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg mendirikan Facebook (yang sekarang disebut Meta Platforms) ketika ia masih menjadi mahasiswa di Universitas Harvard pada 2004. Facebook telah berkembang menjadi jaringan sosial terbesar di dunia dengan 3 miliar pengguna. Perusahaan juga memiliki dan WhatsApp.

Zuckerberg selaku CEO Meta membawa perusahaan tersebut ke publik pada 2012 dan masih memiliki sekitar 13 persen sahamnya. Dia dan istrinya Priscilla Chan telah berjanji untuk mengarahkan 99 persen saham mereka di perusahaan tersebut ke arah tindakan yang meningkatkan potensi manusia. Salah satu upayanya adalah mengembangkan alat untuk membantu orang lain dalam ranah penyembuhan, mengelola atau mencegah semua penyakit.

Kekayaan bersih: USD 105 miliar
Sumber: Facebook
Usia: 39 tahun
Tempat Tinggal: Palo Alto, California
Kewarganegaraan: AS

8. Sergey Brin

Sergey Brin mengundurkan diri sebagai presiden Alphabet, perusahaan induk Google pada Desember 2019. Namun ia tetap menjadi pemegang saham pengendali dan anggota dewan.

Dia mendirikan Google bersama Larry Page pada 1998 setelah keduanya bertemu di Universitas Stanford saat belajar untuk mendapatkan gelar lanjutan di bidang ilmu komputer.

Kekayaan bersih: USD 106,3 miliar
Sumber: Google
Usia: 50 tahun
Tempat Tinggal: Los Altos, Kalifornia
Kewarganegaraan: AS

7. Bill Gates

Saat remaja, Gates tertarik pada pemrograman komputer. Dia keluar dari Harvard untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak Microsoft bersama teman SMA-nya Paul Allen.

Pada 1975, mereka menciptakan salah satu program perangkat lunak pertama yang tersedia untuk industri komputer pribadi yang baru lahir. Dia adalah CEO perusahaan selama 25 tahun dan tetap menjadi ketua hingga 2014.

Gates akhirnya mengundurkan diri dari dewan direksi pada 2020, tetapi mengatakan kepada Forbes pada awal 2023 bahwa dia masih menghabiskan sekitar 10 persen waktunya untuk berkonsultasi dengan tim di Microsoft. Saat ini ia memiliki investasi di puluhan perusahaan termasuk perusahaan pembuangan limbah Republic Services dan pembuat peralatan pertanian Deere & Co., dan merupakan salah satu pemilik lahan pertanian terbesar di AS.

Kekayaan bersih: USD 114,8 miliar
Sumber: Microsoft, investasi
Usia: 67 tahun
Tempat Tinggal: Madinah, Washington
Kewarganegaraan: AS

6. Larry Page

Larry Page mendirikan mesin pencari Google bersama sesama mahasiswa PhD Stanford, Sergey Brin pada 1998 dan menjabat sebagai CEO hingga 2001 dan dari 2011 hingga 2015.

Dia sekarang menjabat sebagai anggota dewan di perusahaan induk Google, Alphabet, dan terus menjadi pemegang saham pengendali.

Page adalah investor pendiri di perusahaan eksplorasi Planetary Resources.

Dia masuk ke dalam 10 besar orang terkaya di dunia menyusul lonjakan harga saham Alphabet sebesar 15 persen di bulan Mei. Kekayaannya meningkat hampir USD 10 miliar pada bulan Juli, menurut perkiraan Forbes.

Kekayaan bersih: USD 115 miliar
Sumber: Google
Usia: 50 tahun
Tempat Tinggal: Palo Alto, California
Kewarganegaraan: AS