Gaya Hidup

Atasi Penyakit Maag dengan Ramuan Kopi Berikut

×

Atasi Penyakit Maag dengan Ramuan Kopi Berikut

Share this article

BELAKANGAN, sudah seperti biasa ada teguran teman main atau teguran teman sejawat di kantor, udah ngopi belum.

Bahkan teguran itu menjadi tren yang beredar diberbagai WhatsApp grup, sampai itu dibuat menjadi lagu diberbagai kalangan.

Minum kopi, bukan sesuatu yang utama dan penting. Tetapi bagi pecandu kopi adalah sesuatu yang kurang pas jika dalam satu hari belum minum kopi. Hal ini karena efek kafein dalam kopi mampu mengeluarkan dopamin (dalam jumlah kecil) yang memberikan perasaan senang.

Bagi Anda yang punya penyakit maag sebenarnya tidak dianjurkan untuk minum kopi, sebab kandungan kafeinnya bisa meningkatkan produksi .

Asupan kafein yang berlebihan juga dapat melonggarkan otot kerongkongan dan mengiritasi dinding lambung sehingga membuat gejala maag gampang kambuh.

Tidak semua kopi itu sama. Tergantung dari cara pengolahannya, ada biji kopi yang mengandung lebih sedikit kafein dan memiliki rasa yang tidak begitu asam.

Pengolahan dengan teknik cold brew akan menghasilkan konsentrat kopi yang pekat tapi rasanya lebih manis dan rendah kafein. Tingkat keasaman kopi cold brew lebih tinggi (pH 6,31) daripada kopi hitam yang diseduh pakai air panas (pH 5,48). Dalam skala pH, semakin kecil angkanya semakin asam sifat zat tersebut.

Alternatif minum kopi yang baik bagi Anda yang mempunyai penyakit maag, pilih kopi Arabika yang rasanya sedikit manis dan lembut.

Kandungan kafeinnya juga hanya sekitar 1,2% dibanding kopi robusta yang kafeinnya mencapai 2,2 persen.Namun, bagaimana kalau ternyata Anda adalah pecinta kopi? Adakah cara yang aman untuk pengidap maag minum kopi?

1. Atur porsi minum kopi

Sebagai seorang penderita maag, Anda harus sadar bahwa kemampuanmu minum kopi nggak bisa disamakan dengan orang yang nggak mempunyai riwayat penyakit serupa. Asupan kafein yang berlebihan dapat membuat gejala maag-mu semakin parah. Akibatnya, Anda nggak bisa beraktivitas dengan nyaman karena sakit yang menyerang perut.

Seperti orang lain, penderita maag sebetulnya boleh juga minum kopi di pagi hari. Namun, kondisi perut nggak boleh dalam keadaan kosong, ya. Selain itu, dokter juga menyarankan batas aman dalam minum kopi setiap harinya, yakni maksimal sebanyak satu gelas aja.