Headline

Solusi ‘Malapetaka Dunia’ Gagal Disepakati

80
×

Solusi ‘Malapetaka Dunia’ Gagal Disepakati

Share this article

PARA menteri lingkungan hidup dari negara-negara gagal menyepakati langkah aksi penanggulangan emisi global pada 2025 dan isu krisis iklim global pada pertemuan di India pada Jumat (28/7).

Tidak ada terobosan yang mungkin dilakukan jelang pembicaraan iklim COP28 tahun ini, dengan negosiasi juga gagal mencapai konsensus tentang penggunaan energi terbarukan tiga kali lipat.

“Saya sangat kecewa,” kata Menteri Transisi Ekologi Prancis Christophe Bechu, dikutip dari AFP, Minggu (29/7).

“Kita belum bisa mencapai kesepakatan untuk meningkatkan energi terbarukan secara drastis, kita belum bisa mencapai kesepakatan untuk menghapus atau menurunkan bahan bakar fosil, terutama batu bara,” ujarnya.

“Catatan suhu, bencana, kebakaran raksasa, dan kami tidak dapat mencapai kesepakatan tentang puncak emisi pada tahun 2025.”

Bechu menilai diskusi dengan China, Arab Saudi, dan tentang masalah iklim dengan telah “rumit”.

Menteri perubahan iklim India Bhupender Yadav, yang memimpin pertemuan tersebut, mengakui bahwa ada beberapa masalah tentang energi, dan beberapa masalah berorientasi target.

Adapun, pertemuan di Chennai terjadi beberapa hari setelah menteri energi G20 – kelompok yang mewakili lebih dari 80 persen PDB global dan produksi emisi CO2 – gagal menyepakati peta jalan untuk memotong bahan bakar fosil dari bauran energi global di pertemuan Goa.