Budaya

Perlu Tahu! Berikut Mitos Tentang Suku Dayak

88
×

Perlu Tahu! Berikut Mitos Tentang Suku Dayak

Share this article

MEMBAHAS yang legendaris selalu menarik dan tidak ada habisnya. Karena suku satu ini bukan saja terkenal di Indonesia, tapi hingga mancanegera.

Suku Dayak yang ada di Kalimantan ini dikenal dengan berbagai tradisi, kebudayaan dan juga dikenal gahar, karena Suku Dayak paling tersohor memiliki berbagai kemampuan mistis.

Suku Dayak juga memiliki berbagai cerita mitos yang hingga kini masih dipercayai sebagian besar masyarakatnya. Dilansir dari berbagai sumber berikut beberapa :

Dilarang mengganggu

Kecantikan gadis suku Dayak memang bukan rahasia lagi, pria manapun yang melihatnya pasti akan jatuh hati. Namun bagi para pria yang ingin mendekati gadis Dayak wajib memiliki nyali besar.

Sebab mitosnya, barangsiapa yang berani menganggu atau mempermainkan gadis Dayak akan dipastikan hilang alat vitalnya.

Tentu mitos ini sangat mempengaruhi siapapun yang akan datang ke Suku Dayak, walau pada dasarnya banyak orang Dayak menolak anggapan ini. Maka diyakini hanya sebuah mitos.

Selain itu, ada pula mitos yang mengatakan bahwa jika seorang pria terpincut dengan wanita Dayak, maka ia tidak bisa pulang lantaran dianggap wanita Dayak telah mengikat si pria secara gaib.

Mengunjungi Makam Harus Sopan

Makam orang suku Dayak memang terlihat berbeda dari makam lainnya. Mereka membuat semacam makam di atas tanah berbentuk seperti bangunan balok yang disanggah.

Namun, jangan sekali kamu mengejek atau bahkan tak sopan dengan makam tersebut. Karena jika tidak, maka akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Mitos ini tujuannya cukup bagus, karena bukan saja pada makam SUku Dayak, dimanapun kita harus sopan.