BeritaInternasional

Bersiaplah, Saksikan Peristiwa Bersejarah: Siaran Langsung dari Planet Mars

×

Bersiaplah, Saksikan Peristiwa Bersejarah: Siaran Langsung dari Planet Mars

Share this article

Bulirannews.com-Jumat (2/6), akan terjadi peristiwa bersejarah di mana pertama kali dilakukan dari Planet Mars. Badan (ESA) akan menghadirkan siaran langsung selama satu jam di platform , mengajak penonton untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang Planet Merah yang menakjubkan ini.

Siaran langsung ini menjadi acara spesial dalam rangka merayakan ulang tahun ke-20 dari proyek Mars Express yang dikelola oleh ESA. Melalui proyek ini, ESA berkomitmen untuk menjelajahi planet yang berdekatan dengan Bumi, Mars, dan memperdalam pengetahuan tentangnya.

Melalui Visual Monitoring Camera (VMC), gambar-gambar Mars akan langsung dipancarkan ke Bumi, memperlihatkan keindahan planet tersebut dalam detail yang luar biasa.

Meskipun alat yang digunakan sudah cukup usang, tim peneliti berharap dapat menghasilkan gambar-gambar yang memukau. Kamera ini pada awalnya dirancang untuk tujuan teknis dan dipasang di pengorbit dengan jarak hampir 3 juta kilometer dari Bumi. Sebelumnya, belum pernah ada percobaan semacam ini, dan dengan jujur, kami tidak memiliki keyakinan penuh bahwa segalanya akan berhasil,” ungkap James Godfrey, Manajer Operasi Pesawat Luar Angkasa di pusat kontrol misi ESA di Darmstadt, seperti yang dikutip dari IFL Science pada Kamis (1/6).

Namun, saya memiliki optimisme yang besar. Biasanya, kita melihat gambar-gambar Mars yang diambil beberapa hari sebelumnya. Namun, kali ini saya tak sabar ingin melihat Mars secara real-time, sejauh mungkin dengan keadaan Mars saat ini yang bisa kita peroleh!” tambahnya penuh semangat.

Meskipun disebut sebagai siaran langsung, tentu saja akan ada penundaan karena cahaya memerlukan waktu untuk menempuh jarak yang sangat jauh antara Bumi dan Mars. Jarak ini bergantung pada orbit kedua planet tersebut, namun secara rata-rata sekitar 225 juta kilometer.

Kami membutuhkan waktu sekitar 18 menit sebelum gambar yang diambil dari orbit di sekitar Mars dapat tampil di layar penonton: sekitar 17 menit untuk perjalanan cahaya dari Mars ke Bumi, dan satu menit tambahan untuk melewati kabel dan server yang ada di daratan,” papar penjelasan yang mengagumkan tersebut.

Artikel ini telah tayang di bulirannews.com dengan judul Siap-siap, Saksikan Siaran Langsung Bersejarah dari Planet Mars – Bulirannews.com

Baca artikel selengkapnya di https://bulirannews.com/1085/siap-siap-saksikan-siaran-langsung-bersejarah-dari-planet-mars.html